Millenials, Begini Tips Kelola Keuangan ala Prita

Millenials, Begini Tips Kelola Keuangan ala Prita

“Menikah itu murah, pesta pernikahan itu mahal. Jadi siapin dananya dari sekarang, jodoh boleh belakangan”, begitu candaan Prita Hapsari Ghozie, CEO dan Co-Founder ZAP Finance pada sesi seminar bertema Investasi Syariah untuk Generasi Muda dan Keluarga dalam rangkaian acara Sharia Investment Week 2019.

Menurutnya, ada 3 langkah dalam pengelolaan keuangan. Yang pertama, cek kesehatan keuangan apakah kita punya utang? Apakah pengeluaran lebih besar daripada penghasilan? Apakah kita punya dana darurat dan tabungan?

Yang kedua adalah review cashflow atau arus kas kita: apakah sudah memenuhi hak orang lain (zakat)? Hak hidup ketika kita mengalami masa sulit? Hak hidup hari ini? Hak hidup kita di masa depan, serta hak masyarakat sekitar?
“Supaya lebih mudah, bisa terapkan prinsip ZAPFIN: Zakat, Assurance, Present consumptive, Future spending, dan INvestment”, terangnya.

Tabel ilustrasi alokasi pengeluaran bulanan berdasar jumlah gaji

Yang ketiga adalah rencanakan keuangan, dimulai dari menentukan tujuan keuangan kita. Dalam syariah, tujuan keuangan syariah ini seharusnya dapat memenuhi lima aspek Maqashid Syariah, yaitu: menjaga keimanan, kehidupan, akal, keturunan dan harta. Implementasinya bisa melalui penyediaan rumah tinggal, dana darurat, ibadah wajib, dana membesarkan anak, dana hidup masa depan serta dana usaha dan sosial.

“Untuk dana darurat, idealnya adalah 6 kali juah pengeluaran bulanan kita. Khusus untuk sandwich generation, selain dana darurat jangan lupa sisihkan juga dana untuk membayar premi asuransi untuk mengcover kesehatan orangtua”, ujarnya.

Sebagai seorang perencana keuangan, Prita juga mengingatkan mereka yang masih memiliki cicilan KPR untuk segera melunasi cicilannya. “Karna biaya bunga KPR cenderung tinggi sementara return investasi tidak pasti. Begitu cicilan lunas, dana hasil investasi bisa lebih maksimal”, ungkapnya di akhir sesi seminar.


Share


Komentar (0)